Diet pada penyakit dm dewasa pdf

SAP Diet Pada Diabetes mellitus

Sakarin, aspartam, acesulfame adalah pemanis tak bergizi yg dpt diterima sbg pemanis pd semua penderita DM. Hormon pertumbuhan dan estrogen merangsang pengeluaran insulin dan dapat menyebabkan gambaran sekresi berlebihan insulin seperti diabetes tipe II yang akhirnya menyebabkan penurunan responsivitas sel.

Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dari makalah yang dibuat, yaitu: Kata diabetes mellitus itu sendiri mengacu pada simtoma yang disebut glikosuria, atau kencing manis, yang terjadi jika tidak segera mendapatkan perawatan. Fenomena Fajar dawn phenomenonadalah hiperglikemia pada pagi hari antara jam 5 dan 9 yang tampaknya disebabkan oleh peningkatan sikadian kadar glukosa pada pagi hari.

Buah dan susu sdh terbukti mempunyai respon glikemik menyerupai roti, nasi dan kentang. Biasanya dibagi dalam dua jenis berbeda: Ada beberapa cara untuk menentukan jumlah kalori yang dibutuhkan orang dengan diabetes.

Edukasi atau Penyuluhan, b. Macam-macam komplikasi akut, yaitu ketoasidosis diabetes, efek somogyi, dan fenomena fajar. Gejala awal dari diabetes adalah merasa lemas, tidak bertenaga, ingin sering makan, dan sering buang air kecil.

Kebutuhan zat gizi pada penderita penyakit Diabetes millitus 3. Penyakit ini disebut diabetes mellitus dependen insulin DMDI. Terlepas dari pemberian injeksi pada umumnya, juga dimungkinkan pemberian insulin melalui pump, yang memungkinkan untuk pemberian masukan insulin 24 jam sehari pada tingkat dosis yang telah ditentukan, juga dimungkinkan pemberian dosis a bolus dari insulin yang dibutuhkan pada saat makan.

Etiologi 1.

Diabetes Melitus Tipe 1

Alkohol dapat meningkatkan resiko hipoglikemia pada mereka yang menggunakan insulin atau sulfonylurea. Jenis diet pada penyakit diabetes millitus 1. Karena insidens diabetes tipe I memuncak pada usia remaja dini, maka dahulu bentuk ini disebu sebagai diabetes juvenile.

Bila makanan terlambat diberikan, maka saat insulin bekerja, tidak ada makanan atau makanan kurang dari seharusnya, sehingga terjadi hipoglikemia kadar gula darah kurang dari normal.

Penekanan juga diberikan pada penyesuaian gaya hidup diet dan olahraga. Terapi Gizi Medis merupakan bagian dari penatalaksanaandiabetes secara total. Penekanan juga diberikan pada penyesuaian gaya hidup diet dan olahraga.

Pada beberapa penderita, pengurangan jumlah total energi waktu puasa dapat menormalkan kadar glukosa Penderita DM tipe II yang kurus tidak memerlukan pembatasan jumlah energi yang ketat. Menghindari dan menangani komplikasi akut orang dengan diabetes yang menggunakan insulin seperti hipoglikemia, penyakit-penyakit jangka pendek, masalah yang berhubungan dengan kelainan jasmani dan komplikasi kronik diabetes seperti: Perencanaan makan tinggi lemak tdk jenuh tunggal dpt dilakukan atr lain dg penggunaan nuts, alpukat dan minyak zaitun.

Bagaimana cara pengobatan penderita penyakit diabetes mellitus? Rekomendasi untuk sukrosa lebih liberal. Sakarin, aspartame adalah pemanis tak bergizi yang dapat diterima sebagai pemanis pada semua penderita DM.

Makanan yang digoreng dan menggunakan santan kental mengandung lemak jenuh. Pengobatan Tujuan pengobatan diabetes mellitus adalah secara konsisten menormalkan kadar glukosa darah dengan variasi minimum. Sakarin, aspartame adalah pemanis tak bergizi yang dapat diterima sebagai pemanis pada semua penderita DM.

Sumber protein yang baik adalah ikan, seafood, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan dan tahu-tempe. Penderita disiplemia hendaknya menghindari mengkonsumsi fruktosa dalam jumlah besar, namun tidak ada alasan untuk menghindari makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang mengandung fruktosa alami maupun konsumsi sejumlah sedang makanan yang mengandung pemanis fruktosa.

Pengidap penyakit ini harus mendapatkan insulin pengganti. Serat dalam jumlah cukup akan menurunkan kecepatan absorpsi karbohidrat serta menurunkan kadar lipid dalam serum, sehingga dapat menekan kenaikan kadar gula darah setelah makan.

Karbohidrat Rekomendari ADA tahun lebih memfokuskan pada jumlah total karbohidrat daripada jenisnya.Faktor utamanya ada pada psiskologisnya, karena diabet dapat mengakibatkan penyakit dalam yang lainnya timbul.

Lebih baik segera ditangani dengan cara yang benar melalui konsultasi secara medis. Lebih baik segera ditangani dengan cara yang benar melalui konsultasi secara medis.

DM ini semakin meningkat, terutama pada kelompok umur dewasa keatas pada seluruh status sosial ekonomi. Saat ini upaya penanggulangan penyakit DM belum menempati skala prioritas utama dalam pelayanan kesehatan, walaupun diketahui dampak negatif yang ditimbulkannya cukup besar antara lain komplikasi kronik pada penyakit jantung kronis.

Jenis penyakit diabetes millitus 2. Kebutuhan zat gizi pada penderita penyakit Diabetes millitus 3. Jenis diet pada penyakit diabetes millitus Tujuan masalah 1. Mengetahui apa saja jenis penyakit diabetes millitus 2.

Mengerti kebutuhan zat gizi pada penderita dibetes millitus 3. Jenis diet apa saja pada penyakit dibetes millitus 1 BAB III PEMBAHASAN A. Pengertian diabetes mellitus Diabetes. A.

Prinsip Diet Pada Penderita Diabetes Mellitus

Pendahuluan. Diabetes Mellitus (DM) merupakan salah satu masalah kesehatan yang berdampak pada produktivitas dan dapat menurunkan Sumber Daya Manusia.

Diet Penyakit Dm

Makalah Diabetes Mellitus BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Diabetes mellitus adalah penyakit hiperglikemia yang ditandai oleh ketiadaan absolute insulin atau insensivitas terhadap insulin.

Media Gizi Pangan, Vol.

krisdaniamaslayla

VII, Edisi 1, Januari – Jun i 1 Tinjauan Pustaka PENCEGAHAN PENYAKIT DIABETES MELLITUS TIPE 2 Hasnah 1 Fakultas .

Diet pada penyakit dm dewasa pdf
Rated 5/5 based on 100 review