Pertumbuhan berat badan sapi

Pemberian bioplus akan meningkatkan pertumbuhan bobot badan harian sapi Bali sekitar 67, persen. Dengan kata lain, secara singkat proses perkembangan dapat diartikan sebagai proses perubahan bentuk, struktur dam konformasinya.

Dengan kata lain, pertumbuhan selama periode laktasi banyak dipengaruhi oleh faktor induk maternal factor. Beberapa ciri khas fisik sapi yang menunjukkan kemampuan beradaptasi yang tinggi pada iklim tropis adalah kulit yang berpigmen, warna kulit yang terang dan bulu yang mengkilap.

Metode praktek yang dilakukan dengan cara mengikuti semua kegiatan yang telah ditetapkan, seperti: Setiap perlakuan terdiri dari 5 ulangan. Hal ini disebabkan bahwa walaupun rata-rata pertambahan berat harian Average Daily Gain relatif rendah tetapi berat hidupnya juga rendah sehingga perbandingan antara rata-rata pertambahan berat harian Average Daily Gain dengan berat hidupnya menjadi tinggi.

Pakan tambahan berupa dedak dan probiotik diberikan pada sore hari. Namun sapi jantan lebih diminati daripada sapi betina karena pertambahan bobot badannya lebih cepat dibandingkan sapi betina.

Perubahan berat badan, yaitu ternak akan selalu bertambah berat yang dapat diketahui apabila dilakukan penimbangan dalam periode waktu tertentu.

PERTUMBUHAN TERNAK POTONG

Propinsi Riau juga telah mengembangkan ternak sapi potong dengan perkembangan yang cukup memberikan harapan. Herry A. Pertumbuhan selalu terjadi dalam setiap mahluk hidup dan dimulai dari saat pembuahan serta berakhir sampai dengan saat mahluk mengalami kematian yang alami. Data di analisis dengan uji beda nyata rata-rata terkecil.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa factor antara lain: Hal ini dikenal dengan istilah pertumbuhan dipercepat atau pertumbuhan kompensasi Compensatory growth. Selain pemberian pakan hijauan yang cukup untuk meningkatkan pertumbuhan sapi penggemukan perlu diberikan pakan tambahan sesuai dengan ketersediaan bahan pakan di lokasi, perlakuan bioteknologi untuk merangsang pertumbuhan yang lebih baik, perbaikan manajemen pemeliharaan dan pemberantasan cacing saluran pencernaan.

Pertumbuhan pada hewan merupakan suatu fenomena universal yang bermula pertumbuhan berat badan sapi satu sel telur yang telah dibuahi dan berlanjut hingga hewan tersebut mencapai dewasa tubuh Tillman, dkk. Ternak sapi yang tinggal di daerah beriklim dingin pada umumnya akan memiliki tubuh yang kompak dengan kaki dan leher yang pendek dan ditutupi oleh bulu yang panjang.

Misal seekor sapi pada saat dilahirkan tingginya 75 cm dan pada saat umur sapih tingginya mencapai cm, maka terjadi pertambahan tinggi badan 30 cm.Dalam Periode pertumbuhan terdapat dua kejadian yaitu pertumbuhan dan perkembangan.

Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran dari urat daging, tulang, organ internal dan bagian lain pada tubuh (Ensminger, ).

Sedangkan Wello, () menyatakan, pertumbuhan adalah kenaikan berat badan mencapai ukuran dewasa sedangkan perkembangan adalah hal yang menyangkut perubahan. Urutan Proses Perkembangan dan Pertumbuhan Dalam Pemeliharaan Sapi Potong Seorang peternak sapi apalagi yang menekuni usaha penggemukan sapi tentu ingin mendapatkan pertambahan berat badan yang bagus selama masa pemeliharaan atau masa penggemukkan sapinya.

Yang dimaksud dengan “pertumbuhan” adalah pertambahan berat badan atau pertambahan ukuran tubuh ternak sapi sesuai dengan umur. Pertumbuhan secara umum diukur dengan pertambahan berat badan.

Misalnya seekor sapi pada saat lahir berat badannya 25 kg dan saat mencapai umur sapih memiliki berat badan 90 kg, maka terjadi pertambahan berat badan 65 kg. Perubahan bentuk badan ternak, yang dapat diketahui apabila dilakukan pengamatan pertumbuhan pada seekor ternak dimana seekor ternak pada waktu masih kecil terlihat bahwa kakinya panjang, tetapi setelah dewasa terlihat kakinya.

Dari hasil pengamatan tabel diatas ADG bull dan steer memiliki perbedaan, dimana ADG steer lebih tinggi dari bull. Perbedaan ini disebabkan karena pertambahan bobot tubuh hewan muda dipusatkan pada pertumbuhan otot-otot, tulang belulang, dan organ-organ robadarocker.com: Evaluasi Performa Produksi Susu Sapi Perah.

Pertumbuhan bobot badan sapi bali Rata-rata pertumbuhan bobot badan sapi bali jantan pada ketiga perlakuan dapat dilihat pada Gambar 1. 0,7 0,6 Pertambahan 0,5 bobot badan 0,4 harian 0,3 (kg/hari) 0,2 0,1 0 Perlakuan T1 (Bioplus+dedak) T2 (Bioplus) T0 (kontrol) Gambar 1. Rata-rata pertumbuhan harian sapi bali jantan dari setiap perlakuan selama hari.

Pertumbuhan rata-rata dengan.

Pertumbuhan berat badan sapi
Rated 0/5 based on 51 review